Susu Kuda Liar

2 04 2009

Sumbawa merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan Kuda Liar beserta susunya yang di promosikan lewat radio maupun media cetak di banyak daerah di indonesia. Banyak orang yang tidak bisa membayangkan, gimana caranya yah memeras susu kuda liar???

well, kuda liar bukan berarti buas, bukan berarti binal, bukan berarti benar2 liar. tapi si kuda dikatakan liar karena cara pemeliharaan oleh pemiliknya yang hanya melepas si kuda begitu saja. si kuda tidak di rawat dan dibesarkan di kandang, tetapi si kuda di lepas begitu saja di gunug, sawah, bukit dan tempat2 yang tak bertuah. si Kuda hidup bebas tanpa ada aturan yang harus di ikuti dan tentunya tanpa undang-undang *soalnya mau bikin undang2, terlalu besar biaya yang harus dikeluarkan untuk pejabat pembuat dan team revisi undang2*

Namun walaupun para pasukan kuda tersebut di lepas begitu saja, mereka tidak seperti kuda2 malboro yang sering kita tonton ditelevisi. kuda sumbawa itu kalem2, baik2, ramah, tidak sombong dan suka menabung. mereka tidak begitu takut kalo melihat orang. dan kalo si pemilik hendak memeras susu si kuda nun bohay, tinggal disuruh kerumah aja untuk tujuan itu. maksud gw, si kuda tinggal di arahkan aja ke tempat tujuan. dan dijamin gak lari aneh2, apalagi lompat tembok kayak anak sekolah.

Pada saat diperas si kuda pun gak terlalu membantah dan mengancam, dia kan anteng aja. palingan teriak dikit, maklumlah masih normal kayak mahluk lain (karena geli aja tuh). Sumuk ra keringatan “Susu di muk-muk ra keri kebangetan”…cara merasnya gimana???

Cara memeras susu kuda sumbawa yang dibilang liar ini gampang aja. Satu orang menunggangi si kuda sebagai pengendali aja bukan karena pelecehan seksual (tak ada rotan akarpun jadi), satu orang memegang mulutnya dengan cara memasukan kayu dimulutnya supaya si kuda menggigit kayu tersebut dan tidak menggigit orang. posisi kayu harus dalam posisi vertikal dan agak panjang sehingga ada kelebihan di sisi kiri dan kanan mulutnya yang bisa dipegang oleh si orang tadi itu dan agak diputar dikit mpe mulutnya nampak dower. Tujuannya bukan semata sebagai penutup mulut agar tidak teriak karena di tunggangin, tapi semata2 biar proses pemerasan lancar. Nah satu orang terakhir adalah sebagai pemeras susu. Dan jangan lupa, kuda di ikat alias dikasih tali nilon yang di ikatkan dipohon atau objek lain untuk menghindari kemungkinan terburuk, yaitu menghindari dia kabur melarikan diri. sapa tau da hansip dateng secara tiba-tiba (emangnya orang, jodoh di tangan hansip he2). Cukup dengan dilakukan oleh 3 orang, susu kuda liar bisa diperas dan di nikmati.

Ngemeng-ngemeng masalah susu kuda, banyak bgt di promosiin kesana kemari terutama di pulau jawa secara keseluruhan *dapatkan susu kuda sumbawa di mbah sastro bla bla bla…* dan mereka mempromokan begitu banyak stok. kita nggak tau asli atau nggak, kita nggak tau mereka dapat dari mana, kita nggak tau mereka pake pengawet atau nggak. Gw yang sering mencari dan mencari langsung susu kuda di Sumbawa, Dompu, Bima hingga ke pelosok daerah dengan mengunjungi peternak kuda, sangatlah sulit mendapatkan susu tersebut. bisa di bilang sangat langka dan butuh waktu yang lama untuk mendapatkannya. Tp kenapa di daerah yang jarang ditemui keberadaan pasukan kuda, justru banyak di promosiin susunya. menurut gw tu hal yang tidak wajar dan tidak masuk akal (kayak iklan permen “permen kok kayak gini, tidak masuk akal”!!!). Dan yang namanya kuda itu, dia hanya bisa memproduksi susu dikala dia baru melahirkan dan memiliki momongan baru. dan tiap emak kuda maksimum bisa punya anak sekali dalam setahun, dan tenggang waktu produksinya pun cukup singkat. nah kalo pengedar susu kebanyakan menyetok susu kuda 1 drum (lebay niy), berapa banyak emak kuda yang harus disiapin untk diperkosa sehingga bisa menghasilkan keturunan dan menghasilkan susu (karena nggak merit, jadi dikatakan diperkosa he2). Dan satu hal yang perlu diketahui, susu kuda itu sangatlah gampang basi dan tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama.
Konon katanya, susu kuda itu memiliki banyak khasiat untuk berbagai penyakit dan ketahanan tubuh yang antara lain Menyembuhkan penyakit TBC, asma, lumpuh, reumatik, diabetes, ginjal, talesemia, anemia, types, kanker darah, menurunkan kolesterol dan paru – paru basah, Meningkatkan vitalitas, keguguran dan kejantanan pria.
gw juga jadi penasaran, dan penasaran bgt pengen nyobain yang namanya susu kuda dan susu2 mahluk lain kekekekek. tapi apesnya gw gak pernah dapet, hingga akhirnya gw minta tolong ma bokap gw buat nyariin. lah, si bokappun tak kunjung mendapatkannya juga (masa harus nanya ma mama lauren dl hikzz). Dan bokap gw juga merasa bosen nyari kesana kemari, hingga akhirnya beliau memutuskan untuk membeli sepasang kuda yang di beri nama Surti-Tedjo untuk dipelihara. Surti Tedjo dilakukan kawin paksa, si surti diikat dan di pegang. sementara si tedjo dipancing-pancing mpe horny. Setelah Tedjo Horny, ekornya Surti di angkat secara manual hingga terjadilah hubungan intim antara mereka (gak malu tau gak di tonton orang banyak, dasar kuda). tapi gw lupa merekam tuk dijadikan 3gp tuk disebarin di dunia maya, kn lumayan tuh bisa di kasih judul “Kuda Lautan Asmara”.
Gambar dihapus sementara
Singkat kata singkat cerita, si surti hamil dan membuahkan keturunan. akhirnya kesampaian juga gw minum susu kuda liar, beuhhh nikmat. Dan gw memang mengakui, setelah beberapa kali gw minum susu kuda, gw jarang sakit2an. gak seperti biasanya, gampang bgt sakit (temen2 gw bilang, kalo zia sakit tu hal biasa. tapi kalo nampak sehat berarti nggak normal).
Bagi yang mau nyoba, atau penasaran, atau hanya sekedar iseng, silakan mencoba menkonsumsi susu kuda. produk lokal indonesia dengan khasiat yang lumayan bagus. Tapi jangan tanya ma gw nyarinya dimana, bisa pesen bla bla bla…gw tidak bertanggung jawab atas itu he2.

Mari kita minum susu kuda liar, kuda binal….

Actions

Information

53 responses

2 04 2009
noegrahaz

Heuehuehue… itu poto sama kuda dimana???
jangan-jangan pas days off nguber-nguber kuda tuh wakakaka..

2 04 2009
zulhaq

tu foto ma kuda di supersuck
habis tu beli kuda beneran dh
lumayan bisa minum susu kuda sendiri
hag hag hag

3 04 2009
noor

bole oge ceritana (nu penting mah info masalah susu…)
tapi please deh lw foto breng kuda…ampe segitunya yah!!!!
pengen mastiin klo tu cerita beneren (bwt bukti tu kuda emang liar..)

14 05 2009
zulhaq

yup, sekalian membandingkan liar mana kuda ma orangnya he2

12 04 2009
ichanx

wow… kuda!!!!

14 04 2009
mahardhika

hmm….kok tau sie perasaan kuda saat diperas, pernah jadi kuda juga ya? hehe just kid🙂
susu kuda bisa nyembuhin migren ga?? bagi dong? biar aku juga sehat ky zia,

14 04 2009
zulhaq

thanks a lot buat bang ichanx
suatu kehormatan dah menyempatkan diri tuk mampir he2

@Ewi, kuda juga manusia (kok kuda manusia siy). kuda juga mahluk sensitif yang punya hasrat dan rasa yang sama seperti yang lainnya…kalo jadi kuda gak pernah, tapi kalo kuda2an sering kekekkekek!!!
bisa, tapi minum poldanmig setelah minum susu kuda!!!
kalo susu keledai mau nggak???

22 04 2009
mahardhika

heheehe kuda2an…. dasar, hmm susu keledai sama khasiatnya ga dng susu kudu liar?? beneran butuh bngt obat migren nih zia ^_^

22 04 2009
zulhaq

gak tau juga siy yak
ntar gw ke india dl dech buat mastiin khasiatnya sama pa gak he he he…
kn ada tuh poldanmig ma bodrex migra.
mang migrennya parah bgt???

23 04 2009
mahardhika

hihihi.. pernah sampe mw mati rasanya….
tapi sekarang uda ga’ terlalu…
cuma sering mengganggu aja hehehe…..

laaa kalo ke india nemunya kobra dong hehehe… tapi sp tau bisa jd obat juga yak… obat ga jelas, 2 pilihan idup or mati hahaha…

24 04 2009
zulhaq

oh gitu, parah jga yah
turut prihatin deh ya he2
moga kedepannya bisa sembuh total

kalo kondisinya seperti itu, yang bisa dilakukan adalah mencari penyebab, kenapa sering kambuh dan kenapa sering muncul penyakitnya, kalo sudah tau, lw bisa mencegah penyeba2 itu, sampe nanti benar2 menemukan obat yang cocok.

kal ke india ketemu amitha bhacan he2

8 05 2009
mahardhika

hehehe.. thanks info n do’a nya…..
obatnya cukup Ishoma teratur n ga boleh teralu cape hihihi…
yup uda mendingan kok ketimbang dulu-duluuuuu…..🙂

tetep sehat jg ya zia ^^

14 05 2009
zulhaq

syukurlah kalo dah mendingan
thanks juga do’anya

15 04 2009
Luigi Pralangga

Waduh.. segitu beratnya yah mencari kuda liar.. eh, susu kuda liar maksudnya.. ;D

Meski demikian, masih banyak kok cara lain agar bisa badan sehat. Ngebayangin prosesi ‘kuda kawin paksa’ jadi gak berenti-berenti mikirnya, kacau nih!😀

Ohya, Kuda hitam disini banyak… untuk mendapatkan ‘susu’nya tergantung kepiawaian negosiasi..

16 04 2009
zulhaq

berat bgt…lebih berat dari mikul cewek cakpe he2
tapi bagimanapun, masih lebih berat rony dozer *nyengir*

setuju bgt tuh, cara lain masih banyak banget dan tentunya lebih efektif dan tidak merepotkan!!!
banyak jalan menuju roma, banyak pula cara untuk sehat

kalo kuda hitam, beda cerita lagi tuh
kalo negosiasi dan bumbu rayuan tokcer, bisa dapet gratisan dan mungkin kita yang dibayar kali yah ckckckckckk

17 04 2009
Rita

mas itu kudanya make riben juga gak yaa hihih.. peace mas😀
Oww gitu yaa kirain kudanya pengen kabur mulu, lah gimana mau merah susunya ada keinjek jadi peyek ancur ma kudanya hehe…Kirain suruh keruma mas gitu….
Yaudah susunya mas,eh maksudnya susu kuda liarnya mesen ma mas aja😀. Oya gimana mo sempet ngerekanm kalo mas laitnya
ampe….. huhuhu… peace3x yaa….
btw thx udah mengingatkan kalo susu ini susah mendapatkannya sehingga kita dapt waspada saat akan membelinya. tau tidak gampang memperolehnya tentu kita akan lebih waspada bila ada yang menawarkan. Mengenai khasiatnya saya jugA sering denger namun blom pernah nyoba krna emang blom pernah nemu, thx

17 04 2009
zulhaq

kalo yang pake riben itu bukan kuda, tapi bertenaga kuda
dah banyak yang mengakui akan kemampuan itu *sok strong*

kalo mesen susu ma saya, bukan susu kuda yang dibawain, tapi susu keledai, lebih imut dan lebih lucu, bikin nyengir kuda kalo di minum *yang nulis nyegir kuda juga*

yah ketahuan dech, kalo nontonnya diresapi dan disave in memory *kali ja gaya bisa di aplikasikan* halahhh…ngaco.

nah itu dy mbak, hati2 memilih memilah menelan susu kuda, coz gak da jaminan akan keberadaannya!!!
kalo di sulawesi banyak bgt tuh, tapi di daerah gorontalo.disana kn ada pasar khusus jual beli kuda *banyak banget*. nah kalo dari ato di daerah tersebut, mungkin bisa dipercaya dan mungkin mudah untuk mendapatkannya…semoga!!!
*itupun kalo pengen banget*

17 04 2009
Rita

Thx bgt tas’ infonya, baru taw kalo di Gorontalo ada, padahal udah 9 taun di Sor😀

18 04 2009
zulhaq

sama sama bu he2
lama juga yah dah 9 tahun
kalo saya gak genap setahun tuh

17 04 2009
Rita

Tenaga, gaya kuda diaplikasikan ???…hee’emmm….

18 04 2009
zulhaq

ckckckckckck, ihh serrreemmm
ntar pada kabur terpingkal2 he2

19 04 2009
Adieska

Wuih… Keren gayanya😀 Infonya juga OK🙂

Oiya… Ikutan kontes kecil-kecilan yuk…

http://adieska.net/2009/04/kontes-blog-sahabat-orangutan-by-adieskanet.html

20 04 2009
zulhaq

thanks bro, dah mampir
boleh2, nanti cari inspirasi dh ya
sapa tau dapat orangutan langka nun uniquie bin aneh bgt he2

21 04 2009
balisugar

Waduh kalau beli dimana yah masa rasanya nikmat ? enakan mana sama susu sapi ?

22 04 2009
zulhaq

nikmat kalo dinikmatin
kalo gak, bisa muntah2 coz amis bgt!!!asli
kalo ngomong enak, enakan susu sapi tapi kalo ngomong seger, lebih seger susu kuda
ada yang lebih enak lagi, susu…
susu apa yah???he2

21 04 2009
Rita

napa tuw, ko’ harus poldamig? pala nya senut2 ya? haha…

22 04 2009
zulhaq

soalnya kalo kasih combantrin berarti cacingan he2
palagi kalo kiranti, nah lo!!!*kayak tau aja niy*

25 04 2009
reallylife

mau banget
tapi di medan kayaknya susah banget nyari susu kuda liar, dah jinak semua

30 04 2009
zulhaq

iya dah jinak semua coz takut ma orang2nya he2

2 05 2009
latree

yaiks, bener2 kuda liar. susah juga ya meresnya…

14 05 2009
zulhaq

susah bgt bu
mpe bingung memulainya

2 05 2009
aLe

Weks, susu zulhaq liar pasti lbh binal😆

Btw,
aLe ada sodara d Sumbawa besar,
Tp ga th pas-nya,
Bsk prtengahan Mei plng k Jawa,.

2 05 2009
zulhaq

bukan susu gw yang binal tapi selera susu gw he2
oh ya???
dia gawe pa gimana??
dia gawe paan???kali ja ketemu dan bersilaturrahmi
dan bisa ketemu mas ale deh kapan2 he2

5 05 2009
omiyan

sehat itu bisa darimana aja yang liar juga hehehe

5 05 2009
zulhaq

tergantung kebutuhan dan keinginan
pada intinya, kalo susunya cocok pasti sehat dan subur he2

16 05 2009
neng fey

wow… itu namanya niat!!

16 05 2009
zulhaq

oh harus dunk neng, kalo gak niat gak afdol
tidak syah!!!, ntar gak dapat pahala he2

16 05 2009
chrysanti

ya ampun baru ngeh.. ini vokalisnya radja ya?🙂

17 05 2009
zulhaq

huahahaha, ketauan deh gw
gitarisnya, bukan vokalis
kn sama2 bermain guitar kidal he2

27 05 2009
pelangiituaku

salam kenal^^

emangnya susu kuda itu enak ya kak??
hehehe..

mari berkawand..
mampir iah ke blog saiia

http://pelangiituaku.wordpress.com

5 06 2009
zulhaq

salam kenal juga ^_^

gak enak bgt, dijamin gak doyan

mari mari mariiii…

12 06 2009
Satrialiar

Pengen nih gan ngerasain susukudaliar…
Secara ane juga mahlukliar :p

12 06 2009
zulhaq

ha ha ha, mahluk liar yang doyan ma gadis2 liar

18 06 2009
pelangi

foto dimana bang???
btw, dah penah ngerasain susu kuda liar lom? V kayaknya belum deh, mau dunkzzzzzz

19 06 2009
zulhaq

udah beberapa kali. memang susah banget nyarinya tuh
tu foto di hutan jaman kuda makan besi ha ha ha

23 06 2009
gwgw

halo zul…gw kalo nyari susu kuda disurabaya tuh dimana ?
ini info menarik lho…sadar gg seh lo ?
ini info yg bagus…sadar gg seh lo ?
kamu dah sadar belum ?🙂
*gw semakin yakin lo masih gg sadar*

23 06 2009
zulhaq

gw masih sinting, kalo gw sadar dunia bisa rubuh ha ha ha
kalo mau cari di surabaya, bisa tanya ke radio terdekat
tapi, biasanya ada di radio yang banyak mengedarkan lagu najis dangdut hi hi hi

thanks dah tertarik sama susu gadis liar, susu kuda liar maksut gw he2

23 06 2009
dedekusn

Enakan mana Susu kuda liar atau susu kuda binal😀

23 06 2009
zulhaq

enakan yang binal bro, karena yang binal lebih pro aktif ha ha ha

weitss, punya gw di bom ternyata. thanks a lot bro

11 07 2009
alam

pasti abang nete langsung ma kuda nya… iya kan…??? mama mia…. kwakakakak

16 01 2012
eggo

mas ak cari susu kuda liar dmna ak bisa dapat segera di blz penting

26 01 2013
nayla

banyak iklannya di radio di daerah jawa, brarti kemungkinan tuh bukan Aseli susu kuda liar sumbawa ya? atau kadar campurannya banyak, kalo lihat cerita diatas kan perlu waktu untuk memanen susu tersebut, hehehe kayak apa aja – panen😀

27 08 2014
web hosting services india

If some one wants expert view concerning running a blog after that
i propose him/her to visit this weblog, Keep up the fastidious job.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: